Daftar BMT Anggota dan Calon Anggota PUSKOPSYAH BMT JATENG - Dari sekian banyak jumlah BMT di Jawa Tengah tidak semua BMT tersebut menjadi Anggota Asosiasi BMT Jateng, ada beberapa dari mereka yang belum menjadi anggota Asosiasi BMT Jateng dengan berbagai alasan, yaitu karna dari semua BMT tersebut ada beberapa yang belum memiliki kualifikasi syarat keangotaan yang memadai, diantarnaya adalah umur berdirinya BMT tersebut yang masih kuran dari 2 tahun. Selain itu, alasan karna mungkin tidak tertarik bergabung dengan Asosiasi BMT Jateng juga menjadi alasan klasik yang sering terjadi. Namun, dengan adanya syarat baru yang disyaratkan oleh perbankan pada setiap BMT yang ingin mengajukan pembiayaan ke Bank dengan menyertakan rekomendasi dari Asosiasi BMT kota/kabupaten setempat membuat banyak BMT berlomba-lomba mendaftar ke Asosiasi BMT kota/kabupaten masing-masing, namun pada setiap Asosiasi BMT kota/kabupaten telah memiliki standarnya masing-masing dalam menyeleksi BMT calon anggotanya sehingga tidak semua BMT yang mengajukan untuk menjadi anggota diterima.
Dibawah ini adalah jumlah total anggota Asosiasi BMT Jateng yang berjumlah kurang lebih 360 BMT di seluruh Jawa Tengah yang mana di antaranya adalah merupakan Anggota Puskopsyah BMT Jateng. Dari 360 BMT yang terdaftar menjadi anggota resmi Asosiasi BMT Jateng 120 BMT adalah merupakan Anggota Puskopsyah BMT Jateng.
Demikianlah Daftar BMT Anggota dan Calon Anggota PUSKOPSYAH BMT JATENG yang bisa kami sampaikan pada postingan kali ini, Bila ada kesalahan data dari daftar BMT di atas, baik berupa kesalah nama BMT, kota/kabupaten BMT, atau pun status keangotaan BMT dari Daftar BMT Anggota dan Calon Anggota PUSKOPSYAH BMT JATENG yang disebutkan di atas, silahkan berikan komentar anda pada kolom komentar di bawah ini. InsyaAllah akan kami perbaiki secepatnya. Baca juga "Daftar BMT Anggota Puskopsyah BMT Jateng" dan "Sejarah Puskopsyah BMT Jateng"
Ilmu tambahan dari terjemahan (tanpa diedit)
Sepuluh Manfaat Ekonomi Mengikuti Prinsip Islam
Oleh Dr Faleel Jamaldeen dari Islamic Finance For Dummies
Berikut ini adalah gambaran cara penting di mana prinsip-prinsip Islam memiliki potensi untuk memperkuat ekonomi. Konsep yang disajikan sebagian besar teoritis pada saat ini, hanya waktu yang akan memberitahu bagaimana dampak potensi ekonomi industri bermain keluar dalam kenyataan.
Mengurangi kesenjangan ekonomi:
Perlu diingat bahwa Islam tidak melarang mengumpulkan kekayaan. Memang, bagaimanapun, meningkatkan kesadaran - dan tanggung jawab bersama untuk - kesulitan yang dialami oleh masyarakat miskin. (Salah satu dari lima pilar [tindakan wajib] Islam adalah zakat, atau memberikan sebagian kekayaan Anda untuk amal.)
Implementasi yang lebih besar dari prinsip-prinsip Islam dalam pasar keuangan dapat menghasilkan investasi yang menguntungkan orang-orang di semua titik pada spektrum kekayaan. Potensi manfaat gerakan tersebut - regional, nasional, dan global - yang substansial dan dapat mencakup kurang kekerasan dan stabilitas yang lebih besar.
Mengundang lebih banyak orang ke pasar:
Ketika mempertimbangkan bagaimana produk keuangan Islam dapat mendorong partisipasi pasar yang lebih besar, beberapa isu utama ikut bermain:
Memiliki captive market: Para tawanan pasar untuk produk berdasarkan prinsip syariah terdiri dari orang-orang yang ingin mematuhi ajaran agama mereka dan, karena itu, menjauhkan diri dari memasukkan uang ke produk keuangan konvensional, yang tidak syariah.
Manfaat semua kelas: Kaya dan miskin sama-sama memperoleh manfaat dari berpartisipasi dalam produk berdasarkan prinsip-prinsip Islam. Sebaliknya, siapa pun dengan akses ke produk-produk keuangan Islam memiliki potensi kesempatan untuk memasuki kemitraan dengan satu atau lebih investor dalam usaha ekonomi.
Menjaga nilai kredit dalam perspektif: Sebuah sejarah kredit buruk tidak secara otomatis membanting pintu untuk partisipasi dalam produk keuangan Islam seperti halnya dalam sistem konvensional. Sebuah lembaga yang menawarkan produk keuangan Islam menganggap kriteria tambahan ketika menentukan kualifikasi seseorang untuk berpartisipasi dalam investasi atau kontrak lainnya.
Mempromosikan kesederhanaan dan transparansi:
Produk keuangan Islam tidak sederhana. Namun, produk didasarkan pada prinsip-prinsip Islam tidak akan pernah menjadi seperti kompleks dan sulit dipahami karena beberapa produk yang berjudi pada investor di pasar konvensional. Berikut ini alasannya:
Mereka mulai dengan kontrak ketat.
Mereka fokus pada aset.
Mereka mengandalkan ulama untuk bimbingan.
Mereka mengikuti standar yang ketat.
Menghubungkan pasar keuangan dan kegiatan ekonomi
Orang-orang dan lembaga yang berpartisipasi dalam produk keuangan Islam berinteraksi sebagai pembeli dan penjual atau sebagai mitra dalam transaksi bukan sebagai pemberi pinjaman dan peminjam. Hal ini berlaku bahkan ketika salah satu peserta adalah bank atau perusahaan investasi yang besar.
Perbedaan ini sangat penting karena itu berarti bahwa individu dan lembaga yang berinvestasi pada produk keuangan Islam menggunakan uang mereka untuk mendukung transaksi ekonomi tertentu. Kontrak mereka menandatangani menguraikan apa uang tersebut digunakan untuk membeli.
Menghubungkan tabungan dan investasi
Jika Anda memasukkan uang ke dalam rekening tabungan Islam, Anda memasukkannya ke sebuah kendaraan investasi. Sebuah bank Islam tidak menjamin tingkat set pengembalian tabungan Anda.
Kendaraan tabungan Islam menggambarkan konsep menghubungkan pasar keuangan yang lebih erat dengan aktivitas ekonomi riil. Jika Anda menyimpan uang melalui produk dalam sistem keuangan Islam, Anda tidak mengisolasi bahwa uang dari kegiatan ekonomi dengan cara rekening tabungan konvensional tampaknya melakukan.
Menghindari gelembung ekonomi (dan semburan)
Sebuah makalah yang ditulis oleh Jakhongir Imamnazarov dan disajikan pada 2011 Mengubah Eropa Summer School berpendapat bahwa industri keuangan Islam memiliki melekat "kode anti-krisis" yang menghilangkan gelembung ekonomi.
Di antara bukti-bukti itu, penulis menunjuk ke peningkatan 25 persen dari nilai aset yang dimiliki dalam industri keuangan Islam dari 2007 sampai 2008, ketika sebagian besar dunia sedang berjuang melawan yang terburuk dari krisis keuangan.
Sebuah elemen ini "kode anti-krisis" adalah proses penyaringan dana investasi keuangan syariah mempekerjakan sebelum menentukan apakah sebuah perusahaan syariah. Sebuah perusahaan yang terlalu sangat leveraged ditutup keluar dari pasar investasi Islam sama sekali.
Memacu pembangunan ekonomi
Lembaga keuangan Islam tentu bertujuan untuk membuat keuntungan, jika mereka tidak, mereka tidak akan bertahan dalam bisnis. Namun, motif keuntungan terkait erat dengan tanggung jawab lain yang mempengaruhi lebih dari sekedar pemegang saham.
Untuk menjadi menguntungkan, lembaga Islam harus menghormati dan mengembangkan kemitraan yang kuat dengan pelanggan. Ini harus menyaring dan memilih investasi berdasarkan kepatuhan hukum syariah serta potensi pertumbuhan dan keberhasilan. Bank harus menyediakan cara bagi uang untuk pindah dari orang kaya kepada orang miskin, dari mereka yang mencari untuk memenuhi kewajiban zakat bagi mereka yang mencari sumber daya membangun kehidupan yang lebih baik.
Mendorong investasi jangka panjang
Pendekatan Islam untuk investasi mendorong lebih lambat, lebih bijaksana proses pengambilan keputusan dari yang konvensional. Setelah semua, investor Islam berupaya untuk membuat pilihan yang bertanggung jawab secara sosial - untuk menghindari investasi pada perusahaan yang menyebabkan kerugian bagi orang atau lingkungan.
Menyiangi perusahaan tersebut adalah langkah pertama dalam proses penyaringan bahwa setiap dana Islam menggunakan. Langkah selanjutnya - menghilangkan perusahaan yang praktek keuangan terlalu berisiko - pergi jauh ke arah mengurangi risiko dan menciptakan stabilitas investasi yang lebih besar.
Pemutaran intensif, mengurangi risiko, stabilitas yang lebih besar, pilihan investasi yang bertanggung jawab sosial. . . ini bukan hal tindakan cepat atau (biasanya) keuntungan yang cepat. Investor mengikuti prinsip-prinsip Islam cenderung mengikuti jalan yang mendorong pilihan yang lebih bijaksana dan komitmen jangka panjang.
Mengurangi dampak produk dan praktek-praktek berbahaya
Hukum Syariah melarang terlibat dalam transaksi yang mendukung industri atau kegiatan tertentu yang dianggap berbahaya (kepada orang-orang atau lingkungan). Syariah melarang transaksi keuangan yang melibatkan bunga, spekulasi, atau perjudian, yang mengapa umat Islam tidak dapat menggunakan produk-produk keuangan yang paling konvensional dan harus melihat bukan untuk industri keuangan Islam. Daftar larangan juga mencakup senjata pemusnah massal, kloning, dan banyak lagi.
Upaya untuk stabilitas yang lebih besar
Secara global, orang merindukan stabilitas ekonomi yang lebih besar. Setelah bertahun-tahun krisis dan kesuraman ekonomi dan azab di banyak negara, orang ingin perubahan positif. Mereka menyadari bahwa ada sesuatu yang inheren cacat dalam sistem keuangan konvensional yang telah mengecewakan mereka, dan mereka menginginkan sistem yang lebih adil, transparan, bertanggung jawab, dan kokoh.
Dengan memperlakukan uang sebagai alat tukar bukan entitas dengan nilai dalam dirinya sendiri, dengan melihat keuntungan sebagai salah satu dari banyak alasan untuk terlibat dalam kegiatan investasi, dengan melayani semua orang dalam masyarakat dan bukan hanya orang kaya, dengan menempatkan dolar tepat di belakang kegiatan ekonomi riil yang menciptakan lapangan kerja nyata dan produk nyata. . . dengan cara ini dan lebih, keuangan Islam mempromosikan jenis tanggung jawab bahwa orang di mana-mana keinginan dari lembaga keuangan mereka.
Dibawah ini adalah jumlah total anggota Asosiasi BMT Jateng yang berjumlah kurang lebih 360 BMT di seluruh Jawa Tengah yang mana di antaranya adalah merupakan Anggota Puskopsyah BMT Jateng. Dari 360 BMT yang terdaftar menjadi anggota resmi Asosiasi BMT Jateng 120 BMT adalah merupakan Anggota Puskopsyah BMT Jateng.
ALAMAT | NAMA BMT |
BANJARNEGARA | BMT AL ADIYAT |
BMT AL AMIN | |
BMT AL FITHROH BANJARNEGARA | |
BMT AL ISLAH | |
BMT AMANAH | |
BMT AN-NUR MANDIRAJA | |
BMT ARTHA SALAM | |
BMT BINA ARTHA MULIA | |
BTM KALIBENING | |
BMT FAJAR MAKMUR | |
BMT GRAMI SEJAHTERA | |
BMT MAJU MAKMUR MANDIRAJA | |
BMT MURTABAYUN | |
BATANG | BMT BAROKAH BAWANG |
BMT BINA UMAT SUBAH | |
BMT BISMILLAH LIMPUNG | |
BMT DANA SYARI'AH | |
BMT MUAMALAH LIMPUNG | |
BMT MUAMALAT BANYUPUTIH | |
BMT MUHAMMADIYAH TERSONO | |
BOYOLALI | BMT AMANAH |
BMT AN-NUR | |
BMT MAKMUR | |
BMT MENTARI | |
BMT NURUL BAROKAH | |
BMT TEKUN | |
BMT TERAS | |
CILACAP | BMT AL MUJAHIDIN |
BMT BEN SEJAHTERA | |
BMT KHONSA | |
BMT SUMBER REJEKI | |
BMT USAHA BERSAMA | |
GROBOGAN | BMT AL AMIN |
BMT SURYA KENCANA | |
BMT SURYA MELATI | |
KARANGANYAR | BMT MUAMALAT |
KEBUMEN | BMT AL AMIN |
BMT AL IKHSAN | |
BMT AL IKHLAS | |
BMT AL KAUTSAR | |
BMT AL MIDAD | |
BMT ALFA NUSA | |
BMT AMI GOMBONG | |
BMT ARTHA KARIMA | |
BMT BAROKATUL ADZKIA | |
BMT BINA INSANI | |
BMT DANA SYARIAH | |
BMT NURUL BAROKAH | |
BMT NURUR ROHMAH | |
BMT REPUBLIKA | |
BMT UMMAT SEJAHTERA | |
KLATEN | BMT AHMAD AHLAN |
BMT SURYA | |
BMT AL AMIN KARANGANOM | |
BMTAL FALAH | |
BMT AL-BARRU | |
BMTAMANAH | |
BMTAMANAH KARANGDOWO | |
BMT MENTARI | |
BMT AROFAH HAJI | |
BMT AS SALAM | |
BMT AT TA'AWUN | |
BMT BAITURRAHMAN | |
BMT HARAPAN UMAT | |
BMT HASANAH | |
BMT MATAHARI | |
KARYAWAN | |
BMT NUR AS SHIDIQ | |
NURUL UMMAH | |
BMT SEJAHTERA | |
BMT SURYA | |
BMT YAQAWIYYU | |
MAGELANG | BMT AL-HUSNA |
BMT AL-MADANI | |
BMT AMMAN | |
BMT AMANAH | |
BMT ARTHA MUKTI | |
BMT ARMA | |
BMT ARROHMAH | |
BMT BERDIKARI | |
BMT ERA | |
BMT HARAPAN INSAN | |
BMT SAUDARA | |
BMT UMAT SEJAHTERA | |
PEKALONGAN | BMT AL AMIN |
BMT AL FALAH | |
BMT AN-NAJAH | |
BMT BINA INSAN MANDIRI | |
BMT BTM PEKAJANGAN | |
BMT ISTIQLAL | |
BMT KOTA SANTRI | |
BMT NURUSSA ADAH | |
BMT QURROTA A'YUN | |
PURBALINGGA | BMT AMANAH BUKATEJA |
BMT AMANAH SINDURAJA | |
BMT ASSALAM | |
BMT EMAS | |
BMT LATANSA | |
BMT MARHABAN | |
BMT MENTARI BUMI | |
BMT NUR INTANA | |
BMT SYRKAH MUA'WANAH | |
BMT BINA UMAT MULIA | |
REMBANG | BMT ASSALAM ARTHADAYA |
BMT BINA USAHA INSAN MANDIRI | |
BMT DARUL FALAH | |
BMT SURYA ABADI | |
BMT UMMAT BERDIKARI | |
BMT UMMAT SEJAHTERA ABADI | |
SEMARANG (KAB) | BMT AL FATTAH |
BMT AL FATTAH KALIWUNGU | |
BMT AL IJTIHAD | |
BMT AMAL MULIA | |
BMT AS SA' ADAH | |
BMT AL MUA' AWWANAH | |
BMT ATTINA | |
BMT BINA INSANI | |
BMT BINA USAHA | |
BMT HUBBUL WATON | |
BMT MANDIRI JAMBU | |
BMT NABILA | |
BMT SUMBER MULIA | |
BMT SUMBER USAHA | |
SUKOHARJO | BMT AMANAH UMMAH |
BMT AKBAR | |
BMT AL-FIRDAUS | |
BMT AMANAH | |
BMT AMANAH INSANI | |
BMT BAROKAH | |
BMT BERKAH UTAMA JAYA | |
BMT BINA UMMAT | |
BMT BUANA | |
BMT DHIYA KARYA INSANI | |
BMT KHASANAH | |
BMT MELATI | |
BMT RIZKY | |
BMT SAKINAH | |
TEGAL (KAB) | BMT AL MAARIF |
BMT SYIRKAH MUAWANAH PC NU | |
BMT SYIRKAH MUAWANAH | |
BMT SYIRKAH MUAWANAH | |
WONOGIRI | BMT ADIL |
BMT AL AMIN | |
BMT AL FURQAN | |
BMT AL KAROMAH | |
BMT AMAL MUSLIM | |
BMT AMANAH | |
BMT AMANAH MANDIRI | |
BMT AMARTA SEJATI | |
BMT ARTA AMANDA | |
BMT ASRI | |
BMT BAITUT TAMWIL MUHAMMADIYAH | |
BMT BERKAH MANDIRI | |
BMT BINA MANDIRI | |
BMT BINA SEJAHTERA | |
BMT BINA SEJAHTERA MANDIRI | |
BMT BINA USAHA MANDIRI | |
BMT CEMPAKA PUTIH | |
BMT CITRA DANA | |
BMT DINAR AGUNG MANDIRI | |
BMT GIRI MULYO | |
BMT HIDAYATUL MUAMALAH | |
BMT INSAN MANDIRI | |
BMT KHASANAH | |
BMT LUMINTU | |
BMT MADINA | |
BMT MITRA MANDIRI | |
BMT MITRA USAHA MANDIRI | |
BMT MUAMALAH | |
BMT MUAMALAH MANDIRI | |
BMT MUHAMMADIYAH | |
BMT MULTI DANA | |
BMT NUR BINTANG SEMBILAN | |
BMT NURUL IMAN | |
BMT PERMATA | |
BMT SEJAHTERA | |
BMT SEJAHTERA MANDIRI | |
BMT SETIA KAWAN | |
BMT SURYA ARTHA MANDIRI | |
BMT WAHANA | |
BANYUMAS | BMT AL AMIN WANGON |
BMT AMANAH WANGON | |
BMT DANA MENTARI PURWOKERTO | |
BMT DANA MENTARI PATIKRAJA | |
BMT KHASANAH-LPPSLH PURWOKERTO | |
BMT MUAMALAT MANDIRI CILONGOK | |
BMT PP MIFTAHUSSALAM | |
BMT SABILUL MUTTAQIN PURWOKERTO | |
BMT TIJAROH AMANAT UMAT | |
BLORA | BMT AL BAROKAH |
BMT AL HIKMAH | |
BMT AMANU | |
BMT DARUSSALAM | |
BMT NUR MADINA | |
BMT SURYA MUSTIKA | |
BMT SURYA SEJAHTERA | |
BREBES | BMT AL FALAH |
BMT VAL-MADANI SALEM | |
BMT AN-NAHL | |
BMT AN-NIKMAH | |
BMT BINA INSAN MANDIRI | |
BMT BINA UMAT UTAMA | |
BMT BINA UMMAT | |
BMT LIMAS | |
BMT MUAMALAT BREBES | |
BMT MUAMALAT BULAKUMBA | |
BMT MUAMALAT PEMARON | |
BMT MUTIARA UMMAT | |
BMT SYUHADA | |
BMT WACHID HASYIM | |
DEMAK | BMT INSAN KAMIL |
BMT MASJID AGUNG DEMAK (MADE) | |
BMT MUAMALAH DEMAK | |
JEPARA | BMT BTM SURYA |
BMT MANFAAT | |
BMT MU'AMALAH TAHUNAN | |
KENDAL | BMT BEN BAROKAH |
BMT KOPONTREN BISMILLAH 1 | |
BMT KOPONTREN BISMILLAH 2 | |
BMT BISMILLAH | |
BMT INSAN SEJAHTERA | |
BMT MUAMALAT WELERI | |
BMT NGUDI RAHARJO | |
BMT ROBBANI | |
BMT SURYA SEKAWAN | |
KUDUS | BMT AL AMIN |
BMT AL-FATAH | |
BMT MAHARDIKA | |
BMT MITRA MUAMALAT | |
BMT SALAMAH | |
PATI | BMT AL FATH |
BMT AMANAH UMMAH | |
BMT AR-ROHMAH | |
BMT BANI UTOMO | |
BMT BINA INSAN | |
HARUM PATI | |
BMT BINA USAHA SYARIAH | |
BMT MADANI | |
BMT MEKARSARI | |
BMT YAUMMI FATIMAH | |
BMT TAYU ABADI | |
PEMALANG | BMT AL - BAROKAH |
BMT AL-HAQ | |
BMT ANNISA | |
BMT DARUL FALAH | |
BMT DARUL FALAH SEJAHTERA | |
BMT LESTARI | |
BMT SEJAHTERA MANDIRI | |
BMT SYARIAT MOGA | |
BMT SYARI'YAH MUAMALAH | |
PURWOREJO | BMT AMANAH |
BMT AN NAWAWI | |
BMT AN NUR | |
BMT BAROKAH | |
BMT BINAMAS | |
BMT DARUL ARQOM | |
BMT NUURUL WAAHID | |
SALATIGA | BMT MUHAJIRIN |
SEMARANG (KOTA | BMT SURYA AMANAH |
BMT MATAHARI UMMAT | |
SRAGEN | BMTDANAMAS |
BMT HIRA TANON | |
BMT INSAN MANDIRI | |
BMT INFESTA MANDIRI | |
BMT MASS | |
SURAKARTA | BMT NUUR UMMAH |
BMT DIRGANTARA | |
BMT SUMBER AMRATANI | |
BMT KUBE SEJAHTERA 52 BANJARSARI | |
BMT RINDANG RIZQI | |
BMT WANITA MELATI HARAPAN | |
BMT AT TAUBAH | |
BMT KUBE SEJAHTERA 23 | |
BMT EL HIDAYAH | |
BMT AL ABIDIN | |
BMT INSAN KAMIL | |
TEGAL (KOTA) | BMT Al Mu'minin |
BMT Mubarokah MWC NU Margadana | |
BMT Mentari Dana Abadi | |
BMT Salamah | |
BMT Daya Mentari | |
BMT Dana Mentari Sejahtera | |
BMT Royan | |
KJKS Mentari Bina Artha | |
BMT Bina Ummat Mandiri | |
BMT Isro | |
BMT Bina Ummat Sejahtera | |
Kop Alumni Mandiri Sejahtera | |
TEMANGGUNG | BMT AL KHALIM |
BMT AL KHOLIQ | |
BMT AL QUDDUS | |
BMT AN-NUR | |
BMT KHUSNUL FAIZAH | |
BMT SARWOTOMO | |
BMT BISMILLAH | |
WONOSOBO | BMT AL AMIN |
BMT AL HIKMAH | |
BMT AL JAMI | |
BMT AL MUBAROK | |
BMT MARHAMAH | |
BMT MELATI | |
BMT SINAR MAKMUR | |
BMT SURYA MANDIRI | |
BMT SURYA SEKAWAN | |
BMT TAAWUN |
Demikianlah Daftar BMT Anggota dan Calon Anggota PUSKOPSYAH BMT JATENG yang bisa kami sampaikan pada postingan kali ini, Bila ada kesalahan data dari daftar BMT di atas, baik berupa kesalah nama BMT, kota/kabupaten BMT, atau pun status keangotaan BMT dari Daftar BMT Anggota dan Calon Anggota PUSKOPSYAH BMT JATENG yang disebutkan di atas, silahkan berikan komentar anda pada kolom komentar di bawah ini. InsyaAllah akan kami perbaiki secepatnya. Baca juga "Daftar BMT Anggota Puskopsyah BMT Jateng" dan "Sejarah Puskopsyah BMT Jateng"
Ilmu tambahan dari terjemahan (tanpa diedit)
Sepuluh Manfaat Ekonomi Mengikuti Prinsip Islam
Oleh Dr Faleel Jamaldeen dari Islamic Finance For Dummies
Berikut ini adalah gambaran cara penting di mana prinsip-prinsip Islam memiliki potensi untuk memperkuat ekonomi. Konsep yang disajikan sebagian besar teoritis pada saat ini, hanya waktu yang akan memberitahu bagaimana dampak potensi ekonomi industri bermain keluar dalam kenyataan.
Mengurangi kesenjangan ekonomi:
Perlu diingat bahwa Islam tidak melarang mengumpulkan kekayaan. Memang, bagaimanapun, meningkatkan kesadaran - dan tanggung jawab bersama untuk - kesulitan yang dialami oleh masyarakat miskin. (Salah satu dari lima pilar [tindakan wajib] Islam adalah zakat, atau memberikan sebagian kekayaan Anda untuk amal.)
Implementasi yang lebih besar dari prinsip-prinsip Islam dalam pasar keuangan dapat menghasilkan investasi yang menguntungkan orang-orang di semua titik pada spektrum kekayaan. Potensi manfaat gerakan tersebut - regional, nasional, dan global - yang substansial dan dapat mencakup kurang kekerasan dan stabilitas yang lebih besar.
Mengundang lebih banyak orang ke pasar:
Ketika mempertimbangkan bagaimana produk keuangan Islam dapat mendorong partisipasi pasar yang lebih besar, beberapa isu utama ikut bermain:
Memiliki captive market: Para tawanan pasar untuk produk berdasarkan prinsip syariah terdiri dari orang-orang yang ingin mematuhi ajaran agama mereka dan, karena itu, menjauhkan diri dari memasukkan uang ke produk keuangan konvensional, yang tidak syariah.
Manfaat semua kelas: Kaya dan miskin sama-sama memperoleh manfaat dari berpartisipasi dalam produk berdasarkan prinsip-prinsip Islam. Sebaliknya, siapa pun dengan akses ke produk-produk keuangan Islam memiliki potensi kesempatan untuk memasuki kemitraan dengan satu atau lebih investor dalam usaha ekonomi.
Menjaga nilai kredit dalam perspektif: Sebuah sejarah kredit buruk tidak secara otomatis membanting pintu untuk partisipasi dalam produk keuangan Islam seperti halnya dalam sistem konvensional. Sebuah lembaga yang menawarkan produk keuangan Islam menganggap kriteria tambahan ketika menentukan kualifikasi seseorang untuk berpartisipasi dalam investasi atau kontrak lainnya.
Mempromosikan kesederhanaan dan transparansi:
Produk keuangan Islam tidak sederhana. Namun, produk didasarkan pada prinsip-prinsip Islam tidak akan pernah menjadi seperti kompleks dan sulit dipahami karena beberapa produk yang berjudi pada investor di pasar konvensional. Berikut ini alasannya:
Mereka mulai dengan kontrak ketat.
Mereka fokus pada aset.
Mereka mengandalkan ulama untuk bimbingan.
Mereka mengikuti standar yang ketat.
Menghubungkan pasar keuangan dan kegiatan ekonomi
Orang-orang dan lembaga yang berpartisipasi dalam produk keuangan Islam berinteraksi sebagai pembeli dan penjual atau sebagai mitra dalam transaksi bukan sebagai pemberi pinjaman dan peminjam. Hal ini berlaku bahkan ketika salah satu peserta adalah bank atau perusahaan investasi yang besar.
Perbedaan ini sangat penting karena itu berarti bahwa individu dan lembaga yang berinvestasi pada produk keuangan Islam menggunakan uang mereka untuk mendukung transaksi ekonomi tertentu. Kontrak mereka menandatangani menguraikan apa uang tersebut digunakan untuk membeli.
Menghubungkan tabungan dan investasi
Jika Anda memasukkan uang ke dalam rekening tabungan Islam, Anda memasukkannya ke sebuah kendaraan investasi. Sebuah bank Islam tidak menjamin tingkat set pengembalian tabungan Anda.
Kendaraan tabungan Islam menggambarkan konsep menghubungkan pasar keuangan yang lebih erat dengan aktivitas ekonomi riil. Jika Anda menyimpan uang melalui produk dalam sistem keuangan Islam, Anda tidak mengisolasi bahwa uang dari kegiatan ekonomi dengan cara rekening tabungan konvensional tampaknya melakukan.
Menghindari gelembung ekonomi (dan semburan)
Sebuah makalah yang ditulis oleh Jakhongir Imamnazarov dan disajikan pada 2011 Mengubah Eropa Summer School berpendapat bahwa industri keuangan Islam memiliki melekat "kode anti-krisis" yang menghilangkan gelembung ekonomi.
Di antara bukti-bukti itu, penulis menunjuk ke peningkatan 25 persen dari nilai aset yang dimiliki dalam industri keuangan Islam dari 2007 sampai 2008, ketika sebagian besar dunia sedang berjuang melawan yang terburuk dari krisis keuangan.
Sebuah elemen ini "kode anti-krisis" adalah proses penyaringan dana investasi keuangan syariah mempekerjakan sebelum menentukan apakah sebuah perusahaan syariah. Sebuah perusahaan yang terlalu sangat leveraged ditutup keluar dari pasar investasi Islam sama sekali.
Memacu pembangunan ekonomi
Lembaga keuangan Islam tentu bertujuan untuk membuat keuntungan, jika mereka tidak, mereka tidak akan bertahan dalam bisnis. Namun, motif keuntungan terkait erat dengan tanggung jawab lain yang mempengaruhi lebih dari sekedar pemegang saham.
Untuk menjadi menguntungkan, lembaga Islam harus menghormati dan mengembangkan kemitraan yang kuat dengan pelanggan. Ini harus menyaring dan memilih investasi berdasarkan kepatuhan hukum syariah serta potensi pertumbuhan dan keberhasilan. Bank harus menyediakan cara bagi uang untuk pindah dari orang kaya kepada orang miskin, dari mereka yang mencari untuk memenuhi kewajiban zakat bagi mereka yang mencari sumber daya membangun kehidupan yang lebih baik.
Mendorong investasi jangka panjang
Pendekatan Islam untuk investasi mendorong lebih lambat, lebih bijaksana proses pengambilan keputusan dari yang konvensional. Setelah semua, investor Islam berupaya untuk membuat pilihan yang bertanggung jawab secara sosial - untuk menghindari investasi pada perusahaan yang menyebabkan kerugian bagi orang atau lingkungan.
Menyiangi perusahaan tersebut adalah langkah pertama dalam proses penyaringan bahwa setiap dana Islam menggunakan. Langkah selanjutnya - menghilangkan perusahaan yang praktek keuangan terlalu berisiko - pergi jauh ke arah mengurangi risiko dan menciptakan stabilitas investasi yang lebih besar.
Pemutaran intensif, mengurangi risiko, stabilitas yang lebih besar, pilihan investasi yang bertanggung jawab sosial. . . ini bukan hal tindakan cepat atau (biasanya) keuntungan yang cepat. Investor mengikuti prinsip-prinsip Islam cenderung mengikuti jalan yang mendorong pilihan yang lebih bijaksana dan komitmen jangka panjang.
Mengurangi dampak produk dan praktek-praktek berbahaya
Hukum Syariah melarang terlibat dalam transaksi yang mendukung industri atau kegiatan tertentu yang dianggap berbahaya (kepada orang-orang atau lingkungan). Syariah melarang transaksi keuangan yang melibatkan bunga, spekulasi, atau perjudian, yang mengapa umat Islam tidak dapat menggunakan produk-produk keuangan yang paling konvensional dan harus melihat bukan untuk industri keuangan Islam. Daftar larangan juga mencakup senjata pemusnah massal, kloning, dan banyak lagi.
Upaya untuk stabilitas yang lebih besar
Secara global, orang merindukan stabilitas ekonomi yang lebih besar. Setelah bertahun-tahun krisis dan kesuraman ekonomi dan azab di banyak negara, orang ingin perubahan positif. Mereka menyadari bahwa ada sesuatu yang inheren cacat dalam sistem keuangan konvensional yang telah mengecewakan mereka, dan mereka menginginkan sistem yang lebih adil, transparan, bertanggung jawab, dan kokoh.
Dengan memperlakukan uang sebagai alat tukar bukan entitas dengan nilai dalam dirinya sendiri, dengan melihat keuntungan sebagai salah satu dari banyak alasan untuk terlibat dalam kegiatan investasi, dengan melayani semua orang dalam masyarakat dan bukan hanya orang kaya, dengan menempatkan dolar tepat di belakang kegiatan ekonomi riil yang menciptakan lapangan kerja nyata dan produk nyata. . . dengan cara ini dan lebih, keuangan Islam mempromosikan jenis tanggung jawab bahwa orang di mana-mana keinginan dari lembaga keuangan mereka.
kok datanya ndak lengkap to?
BalasHapusKenapa alamatnya tidak lengkap? Paling tidak sampai alamat kecamatan. Tq.
BalasHapusmaaf numpang sharem kami ingin menawarkan bisnis tambahan untuk pembukaan loket pembayaran listrik,tlp,pdam,bpjs,pulsa,leasing dll, gratis pendaftaran dan aplikasi,
BalasHapussuwun doni, 081327422110